Rakhitis Adalah Kelainan Tulang

Sumber: hellosehat.com

Pernahkah kamu mendengar tentang rakhitis? Apa itu rakhitis? Menurut alodokter.com rakhitis adalah kelainan pertumbukan tulang pada anak yang biasanya disebabkan oleh kekurangan vitamin D dan kalsium. Viamin D berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium dan fosfat dari makanan yang dilakukan oleh usus. Tubuh akan kesulitan dalam menjaga kadar kalsium dan fosfat ketika kekurangan vitamin D. Kondisi ini memaksa tubuh untuk melepaskan kedua zat tersebut dari tulang hingga tulang mengalami pelunakan dan kerapuhan. Penyakit rakhitis adalah penyakit yang umumnya terjadi pada anak berusia antara enam bulan hingga tiga tahun. Risiko tinggi pada anak-anak disebabkan mereka yang masih mengalami masa pertumbuhan tulang. Salah satu hal yang menyebabkan  anak terkena rakhitis adalah kurangnya paparan sinar matahari, jarang mengonsumsi susu dan menjalani pola makan vegetarian. Beberapa kasus juga disebabkan oleh kelainan genetik. 

Apa saja gejala yang dirasakan oleh penderita penyakit ini? penyakit ini menyebabkan pertumbuhan tulang menjadi terhambat sehingga memicu kelainan bentuk tulang, terutaman pada anak-anak. Gejala umumnya adalah sebagai berikut.

  1. Tulang rapuh

Penyakit ini akan menyebabkan kerapuhan pada tulang hingga lebih mudah dalam mengalami patah tulang. 

  1. Permasalahan pada gigi

Selain membuat tulang rapuh, penyakit ini juga akan menyebabkan kerapuhan enamel gigi, lebih mudah muncul lubang pada gigi dan melambatnya pertumbuhan gigi.

  1. Perubahan bentuk tulang

Penyakit ini dapat menyebabkan perubahan bentuk tulang seperti menebalnya pergelangan kaki, pembengkokan tungkai, melunaknya tulang tengkorak serta tulang belakang yang bungkuk.

Apa yang menyebabkan rakhitis terjadi? Penyebab paling umum adalah kurangnya vitamin D dan kalsium. Vitamin D dapat ditemui pada makanan seperti minyak ikan, telur dan sereal, suplemen serta sinar matahari. Kekurangan vitamin D juga dapat terjadi akibat gangguan penyerapan vitamin D pada usus. Kondisi ini disebebkan oleh penyakit inflamasi saluran pencernaan, gangguan pada ginjal yang menganggu penyerapan kalsium dari urine, penyakit celiac, dan cystis fibrosis.

Faktor yang menyebabkan seseorang memiliki risiko yang lebih tinggi menderita penyakit ini? Dilansir dari hellosehat.com terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko munculnya penyakit ini seperti:

  1. Ibu kekurangan vitamin D saat hamil

Bayi yang terlahir dari ibu yang kekurangan vitamin D dapat lahir dengan gejala rakhitis atau mengembangkan dalam beberapa bulan setelah lahir. 

  1. Faktor geografis

Anak-anak yang tinggal di lokasi atau negara yang minim cahaya matahari berisiko besar mengalami rakhitis. Jadi faktor geografis memiliki dampak yang cukup siginifikan pada penyakit ini.

  1. Kekurangan gizi

Peluang terkena penyakit rakhitis semakin besar jika anak kekurangan nutrisi seperti vitamin D, fosfat dan kalsium. 

  1. Keturunan keluarga

Rakhitis adalah penyakit yang dapat diturunkan dari anggota keluarga. Namun, penyakit rakhitis dengan penyebab ini sangat jarang ditemukan. 

Bagaimana dengan pengobatan dari rakhitis? Dokter akan merekomendasikan berbagai macam pengobatan untuk mempercepat proses penyembuhan. Apabila anak kekurangan vitamin D, dokter akan menyarankan untuk memperbayak konsumsi makanan yang mengandung vitamin D seperti ikan, susu, hati dan telur. Anak juga dapat mengonsumsi suplemen, tentunya dengan konsultasi dengan dokter mengenai dosis suplemen yang sesuai. Untuk memperbaiki bentuk tulang yang tidak wajar, anak harus memakai alat bantu yang dapat memperbaiki bentuk tulang. Pada kasus yang jarang terjadi, anak bisa saja harus menjalani prosedur operasi perbaikan tulang. 

Itulah yang dapat kamu ketahui tentang penyakit ini Rakhitis adalah penyakit kelainan tulang pada anak yang sebaiknya ditangani dengan cepat. 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>